Ringkasan Eksekutif (executive summary)

Wende des Reis (WDR) yaitu berasal dari kata jerman adalah pergantian nasi . wende des reis (WDR) adalah konsep sebuah kedai rumah makan nasi dari waktu ke waktu maksudnya kedai tersebut menawarkan makanan berupa nasi kuning , nasi wuduk dan nasi goreng . .ke tiga menu tersebut adalah menu utama dari WDR di waktu pagi sampai menjelang siang WDR menawarkan menu nasi wuduk dan nasi kuning sedangkan menu untuk makan malam WDR menyediakan menu Nasi Goreng dan ada tambahan seperti minuman segar dan hangat untuk di nikmati para pengunjung..

Wende des reis (WDR) yang pertama kali akan di buka di Bogor . .target utama ialah para pegawai dan mahasiswa yang tinggal di perumahan ,penginapan dan kostan. .dan area kampus ataupun perkantoran. .dan akan dikembangkan ke luar kota taupun seluruh IndonesiaPeluang membuka kedai tersebut sangat terbuka lebar karena konsep kedai tersebut ada yang mempergunakan di target area kampus perkantoran maupum kostan sarapan pagi dan makan malam menjadi kebutuhan pokok .tidak hanya itu WDR menyediakan berbagai minuman dan cemilan untuk sekedar minum kopi atau teh hangat sambil internetan karena di kedai WDR akan menyediakan Hot spot..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II  Bisnis

  1. A.    Konsep bisnis

Wende des reis (WDR) adalah konsep sebuah kedai rumah makan nasi dari waktu ke waktu maksudnya kedai tersebut menawarkan makanan berupa nasi kuning , nasi wuduk dan nasi goreng . .ke tiga menu tersebut adalah menu utama dari WDR .di waktu pagi sampai menjelang siang WDR menawarkan menu nasi wuduk dan nasi kuning sedangkan menu untuk makan malam WDR menyediakan menu Nasi Goreng dan ada tambahan seperti minuman segar dan hangat untuk di nikmati para pengunjung..

Wende des reis (WDR) yang pertama kali akan di buka di Bogor . .target utama ialah para pegawai dan mahasiswa yang tinggal di perumahan ,penginapan dan kostan. .dan area kampus ataupun perkantoran. .dan akan dikembangkan ke luar kota taupun seluruh IndonesiaPeluang membuka kedai tersebut sangat terbuka lebar karena konsep kedai tersebut ada yang mempergunakan di target area kampus perkantoran maupum kostan sarapan pagi dan makan malam menjadi kebutuhan pokok .tidak hanya itu WDR menyediakan berbagai minuman dan cemilan untuk sekedar minum kopi atau teh hangat sambil internetan karena di kedai WDR akan menyediakan Hot spot..

Berikut ini adalah 3 elemen utama yang di tawarkan kedai WDR :

  • Produk yang berkualitas Tinggi

Kedai Nasi WDR didirikan untuk menyediakan makanan pokok seperti nasi kuning, nasi wuduk dan nasi goreng sesuai waktu yang telah di tetapkan .penawaran ini akan menjadi kebutuhan konsumen dengan kualitas tinggi

  • Pelayanan Kosumen yang profesional

Para pelayan siap melayani para konsumen dengan sopan santun yang ramah dan profesional dan akan memanjakan para konsumen yang datang ke kedai WDR karena kedai WDR menganggap semua konsumennya adalah raja

  • Pergantian Menu yang di berikan sesuai waktu

Tujuan kedai WDR ialah memenuhi kebutuhan makan pagi , makan siang dan makan malam . makan pagi dan siang menu yang ditawarkan ialaha nasi kuning dan nasi wuduk sedangkan makan malam ialah nasi Goreng

  1. B.     Produk yang di tawarkan

walaupun menu utama kedai WDR adalah nasi, tetapi kedai WDR juga menawarkan berbagai kudapan pelengkap.

  • Menu Nasi

WDR menawarkan makanan Gaya Khas Indonesia meliputi Nasi kuning , Nasi Wuduk, dan Nasi Goreng dengan berbagi lauk pauk yang di sajikan untuk melengkapi makanan pokok.

  • Menu lainnya

Menu lain yang ditawarkan adalah

-          Jenis Tea

-          Jus buah segar

-          Air mineral

-          Milk shake

-          Kopi

 

C. Harga

Harga yang ditawarkan oleh kedai Wende des reis kompetitif dan sangat terjangkau untuk semua kalangan

Berikut adalah daftar harga:

  • Nasi Kuning                 Rp. 5000
  • Nasi Wuduk                 Rp. 5000
  • Nasi Goreng                 Rp. 8000 – 15000
  • Tea                              Rp. 4000
  • Jus buah segar             Rp. 5000
  • Milkshake                    Rp. 5000
  • Kopi                                        Rp. 4000
  • Lauk pauk                   Rp. 3000

 

D. Persediaan barang dagang dan Pemasaran

* Strategi pemasaran perusahaan adalah melalui brosur dan dari mulut ke mulut, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan

* Implementasi Strategi ini Meliputi hal-hal berikut:

- Memberikan sampel gratis untuk satu hari pertama atau pembukaan

- Materi2 Edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas produk dan harga

- Pembuatan Logo , Media luar Ruang dan sebagainya

 

E. Layanan Pelanggan

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen. WDR akan menyelenggarakan pemasaran internal melaui proses perekrutan,pelatihan dan motivasi . WDR akn menyelenggarakan pelatihan untuk para pegawai setiap minggunya dalam melayani konsumen

F. Desain Gerai

Kedai WDR akan di rancang dengan konsep Indonesia Hijau dan Sejuk karena terinspirasi dari Kebun tea (Puncak) yang terkenal di Kota Bogor . suasana yang di munculkan adalah kesejukan di waktu pagi.sedangkan malam akan di hiasi lampu-lampu yang berbentuk Bintang

G. Lokasi dan Pilihan Wilayah

Pilihan lokasi dan wilayah gerai adalah dengan kriteria Kampus dan Area kostan mudah di jangkau dan lalu lintas yang strategis.

Pilihan Kostan adalah kostan deket kampus IPB ,Pakuan Bogor. ITB Gasibu Patiukur , UNPAD, di Jakarta UI dan sekitarnya

F. Pasokan Barang Dagangan  

> Bahan baku untuk nasi (beras)

> Kudapan Penunjang

H. Operasi Gerai dan Manajemen

Gerai akan di operasikan oleh satu manajer yang akan bekerja penuh waktu dan empat pegawai yang di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian pagi – sore dan bagian sore- malam

Jam operasi gerai adalah 07.00-23.00, setiap hari senin-minggu. Masing-masing pegawai bekerja selama 8 jam sesuai sift yang telah di tentukan

 

 

 

 

 

 

 

 

III. Pasar

  • Segmentasi Pasar  

Segmen yang bisa dijadikan sasaran kedai WDR adalah Segmen (ibu-ibu PKK\the optimistic family person) yang mempunyai ciri2 : Wanita, usia matang dari daerah rural dengan status sosial-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis dan berkharakter kuat, kekeluargaan dan normatif . Dan Segmen ( Anak Nongkrong\The change Expect Lad) ynag mempunyai ciri2: Usia Muda, laki laki, tinggal di daerah erban, status sosial-ekonomi menengah berkarakter hidup berorientasi pada teman-temannya

  • Perilaku Konsumen ke Kafe \Kedai

Sudah menjadi kebiasaan untuk masyarakat Indonesia sebelum Berangkat Kuliah ,Kerja ataupun aktifitas lainnya untuk sarapan pagi dan makan malam setelah pulang dari kerja ataupun aktifitas lainnya.

Perilaku Konsumen yang seperti demikian menjadi sebuah peluang yang baik bagi Kedai nasi WDR

  • Posisitioning

Beberapa statemen posisitioning yang bisa di gunakan, misalnya:

WDR : 3H……halaaal…harga terjangkau…huuuuuennnaak”

“WDR….perlahan tapi pasti dengan kelezatan rasa”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV. Pelanggan

Pasar sasaran kedai Wendes des reis adalah anak kostan atau mahasiswa \mahasiswi, pekerja kantoran dan ibu rumah tangga .kedai akan beroperasi di area kostan yang wilayahnya dekat kampus

 

V. Persaingan

 

Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk , harga Produk, pengenalan akan nama merk dan lokasi gerai

Kedai WDR akan bersaing dengan Rumah makan dan kedai-kedai kecil lainnya yang mempersaingkan harga , gerai, dan kualitas produk

VI. Manajemen

Struktur Manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:

-          Profesionalisme

-          Keahlian dalam memasak, keuangan dan manajemen

-          Kerja keras dan Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VII. Proyeksi Keuangan

Modal

Ringkasan modal adalah sebagaiberikut:

  • Biaya sewa gerai (untuk satu tahun)                         Rp. 15.000.000
  • Biaya rancang interior                                                           Rp. 10.000.000
  • Peralatan                                                                    Rp. 3.000.000
  • Lain-lain                                                                     Rp. 2.000.000

 

Rp. 35.000.000

Penjualan

Asumsi penjualan tahap awal adalah minimal 5 orang\hari yang berkunjung .jika dalam 6 bulan maka akan ada 900 pengunjung dengan hanya membeli produk dengan harga Rp. 5.000

Product mix

Manajemen berasumsi bahwa 79% konsumen akan membeli menu utama yaitu nasi kuning, wuduk dan nasi goreng dan 21% membeli kudapan pelengkap

Gaji

Manajemen akan membayar gaji karyawan sebesar Rp. 400.000\bulan

Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut:

  • Gross margin 75%
  • Operating CF\sales 15%
  • Operating CF\ interest 150%
  • Operating CF\investment 20%Ringkasan Eksekutif (executive summary)

    Wende des Reis (WDR) yaitu berasal dari kata jerman adalah pergantian nasi . wende des reis (WDR) adalah konsep sebuah kedai rumah makan nasi dari waktu ke waktu maksudnya kedai tersebut menawarkan makanan berupa nasi kuning , nasi wuduk dan nasi goreng . .ke tiga menu tersebut adalah menu utama dari WDR di waktu pagi sampai menjelang siang WDR menawarkan menu nasi wuduk dan nasi kuning sedangkan menu untuk makan malam WDR menyediakan menu Nasi Goreng dan ada tambahan seperti minuman segar dan hangat untuk di nikmati para pengunjung..

    Wende des reis (WDR) yang pertama kali akan di buka di Bogor . .target utama ialah para pegawai dan mahasiswa yang tinggal di perumahan ,penginapan dan kostan. .dan area kampus ataupun perkantoran. .dan akan dikembangkan ke luar kota taupun seluruh IndonesiaPeluang membuka kedai tersebut sangat terbuka lebar karena konsep kedai tersebut ada yang mempergunakan di target area kampus perkantoran maupum kostan sarapan pagi dan makan malam menjadi kebutuhan pokok .tidak hanya itu WDR menyediakan berbagai minuman dan cemilan untuk sekedar minum kopi atau teh hangat sambil internetan karena di kedai WDR akan menyediakan Hot spot..

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    II  Bisnis

    1. A.    Konsep bisnis

    Wende des reis (WDR) adalah konsep sebuah kedai rumah makan nasi dari waktu ke waktu maksudnya kedai tersebut menawarkan makanan berupa nasi kuning , nasi wuduk dan nasi goreng . .ke tiga menu tersebut adalah menu utama dari WDR .di waktu pagi sampai menjelang siang WDR menawarkan menu nasi wuduk dan nasi kuning sedangkan menu untuk makan malam WDR menyediakan menu Nasi Goreng dan ada tambahan seperti minuman segar dan hangat untuk di nikmati para pengunjung..

    Wende des reis (WDR) yang pertama kali akan di buka di Bogor . .target utama ialah para pegawai dan mahasiswa yang tinggal di perumahan ,penginapan dan kostan. .dan area kampus ataupun perkantoran. .dan akan dikembangkan ke luar kota taupun seluruh IndonesiaPeluang membuka kedai tersebut sangat terbuka lebar karena konsep kedai tersebut ada yang mempergunakan di target area kampus perkantoran maupum kostan sarapan pagi dan makan malam menjadi kebutuhan pokok .tidak hanya itu WDR menyediakan berbagai minuman dan cemilan untuk sekedar minum kopi atau teh hangat sambil internetan karena di kedai WDR akan menyediakan Hot spot..

    Berikut ini adalah 3 elemen utama yang di tawarkan kedai WDR :

    • Produk yang berkualitas Tinggi

    Kedai Nasi WDR didirikan untuk menyediakan makanan pokok seperti nasi kuning, nasi wuduk dan nasi goreng sesuai waktu yang telah di tetapkan .penawaran ini akan menjadi kebutuhan konsumen dengan kualitas tinggi

    • Pelayanan Kosumen yang profesional

    Para pelayan siap melayani para konsumen dengan sopan santun yang ramah dan profesional dan akan memanjakan para konsumen yang datang ke kedai WDR karena kedai WDR menganggap semua konsumennya adalah raja

    • Pergantian Menu yang di berikan sesuai waktu

    Tujuan kedai WDR ialah memenuhi kebutuhan makan pagi , makan siang dan makan malam . makan pagi dan siang menu yang ditawarkan ialaha nasi kuning dan nasi wuduk sedangkan makan malam ialah nasi Goreng

    1. B.     Produk yang di tawarkan

    walaupun menu utama kedai WDR adalah nasi, tetapi kedai WDR juga menawarkan berbagai kudapan pelengkap.

    • Menu Nasi

    WDR menawarkan makanan Gaya Khas Indonesia meliputi Nasi kuning , Nasi Wuduk, dan Nasi Goreng dengan berbagi lauk pauk yang di sajikan untuk melengkapi makanan pokok.

    • Menu lainnya

    Menu lain yang ditawarkan adalah

    -          Jenis Tea

    -          Jus buah segar

    -          Air mineral

    -          Milk shake

    -          Kopi

     

    C. Harga

    Harga yang ditawarkan oleh kedai Wende des reis kompetitif dan sangat terjangkau untuk semua kalangan

    Berikut adalah daftar harga:

    • Nasi Kuning                 Rp. 5000
    • Nasi Wuduk                 Rp. 5000
    • Nasi Goreng                 Rp. 8000 – 15000
    • Tea                              Rp. 4000
    • Jus buah segar             Rp. 5000
    • Milkshake                    Rp. 5000
    • Kopi                                        Rp. 4000
    • Lauk pauk                   Rp. 3000

     

    D. Persediaan barang dagang dan Pemasaran

    * Strategi pemasaran perusahaan adalah melalui brosur dan dari mulut ke mulut, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan

    * Implementasi Strategi ini Meliputi hal-hal berikut:

    - Memberikan sampel gratis untuk satu hari pertama atau pembukaan

    - Materi2 Edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas produk dan harga

    - Pembuatan Logo , Media luar Ruang dan sebagainya

     

    E. Layanan Pelanggan

    Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen. WDR akan menyelenggarakan pemasaran internal melaui proses perekrutan,pelatihan dan motivasi . WDR akn menyelenggarakan pelatihan untuk para pegawai setiap minggunya dalam melayani konsumen

    F. Desain Gerai

    Kedai WDR akan di rancang dengan konsep Indonesia Hijau dan Sejuk karena terinspirasi dari Kebun tea (Puncak) yang terkenal di Kota Bogor . suasana yang di munculkan adalah kesejukan di waktu pagi.sedangkan malam akan di hiasi lampu-lampu yang berbentuk Bintang

    G. Lokasi dan Pilihan Wilayah

    Pilihan lokasi dan wilayah gerai adalah dengan kriteria Kampus dan Area kostan mudah di jangkau dan lalu lintas yang strategis.

    Pilihan Kostan adalah kostan deket kampus IPB ,Pakuan Bogor. ITB Gasibu Patiukur , UNPAD, di Jakarta UI dan sekitarnya

    F. Pasokan Barang Dagangan  

    > Bahan baku untuk nasi (beras)

    > Kudapan Penunjang

    H. Operasi Gerai dan Manajemen

    Gerai akan di operasikan oleh satu manajer yang akan bekerja penuh waktu dan empat pegawai yang di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian pagi – sore dan bagian sore- malam

    Jam operasi gerai adalah 07.00-23.00, setiap hari senin-minggu. Masing-masing pegawai bekerja selama 8 jam sesuai sift yang telah di tentukan

     

     

     

     

     

     

     

     

    III. Pasar

    • Segmentasi Pasar  

    Segmen yang bisa dijadikan sasaran kedai WDR adalah Segmen (ibu-ibu PKK\the optimistic family person) yang mempunyai ciri2 : Wanita, usia matang dari daerah rural dengan status sosial-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis dan berkharakter kuat, kekeluargaan dan normatif . Dan Segmen ( Anak Nongkrong\The change Expect Lad) ynag mempunyai ciri2: Usia Muda, laki laki, tinggal di daerah erban, status sosial-ekonomi menengah berkarakter hidup berorientasi pada teman-temannya

    • Perilaku Konsumen ke Kafe \Kedai

    Sudah menjadi kebiasaan untuk masyarakat Indonesia sebelum Berangkat Kuliah ,Kerja ataupun aktifitas lainnya untuk sarapan pagi dan makan malam setelah pulang dari kerja ataupun aktifitas lainnya.

    Perilaku Konsumen yang seperti demikian menjadi sebuah peluang yang baik bagi Kedai nasi WDR

    • Posisitioning

    Beberapa statemen posisitioning yang bisa di gunakan, misalnya:

    WDR : 3H……halaaal…harga terjangkau…huuuuuennnaak”

    “WDR….perlahan tapi pasti dengan kelezatan rasa”

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    IV. Pelanggan

    Pasar sasaran kedai Wendes des reis adalah anak kostan atau mahasiswa \mahasiswi, pekerja kantoran dan ibu rumah tangga .kedai akan beroperasi di area kostan yang wilayahnya dekat kampus

     

    V. Persaingan

     

    Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk , harga Produk, pengenalan akan nama merk dan lokasi gerai

    Kedai WDR akan bersaing dengan Rumah makan dan kedai-kedai kecil lainnya yang mempersaingkan harga , gerai, dan kualitas produk

    VI. Manajemen

    Struktur Manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:

    -          Profesionalisme

    -          Keahlian dalam memasak, keuangan dan manajemen

    -          Kerja keras dan Disiplin

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    VII. Proyeksi Keuangan

    Modal

    Ringkasan modal adalah sebagaiberikut:

    • Biaya sewa gerai (untuk satu tahun)                         Rp. 15.000.000
    • Biaya rancang interior                                                         Rp. 10.000.000
    • Peralatan                                                                                       Rp. 3.000.000
    • Lain-lain                                                                                        Rp. 2.000.000

     

    Rp. 35.000.000

    Penjualan

    Asumsi penjualan tahap awal adalah minimal 5 orang\hari yang berkunjung .jika dalam 6 bulan maka akan ada 900 pengunjung dengan hanya membeli produk dengan harga Rp. 5.000

    Product mix

    Manajemen berasumsi bahwa 79% konsumen akan membeli menu utama yaitu nasi kuning, wuduk dan nasi goreng dan 21% membeli kudapan pelengkap

    Gaji

    Manajemen akan membayar gaji karyawan sebesar Rp. 400.000\bulan

    Kinerja Keuangan

    Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut:

    • Gross margin 75%
    • Operating CF\sales 15%
    • Operating CF\ interest 150%
    • Operating CF\investment 20%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s